Selasa, 27 Mei 2014

Masakan Ikan Parende

Indonesia memiliki beraneka ragam masakan kuliner yang begitu enak dan nikmat. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang masakan khas Pulau Buton yaitu ikan Parende.


Parende adalah merupakan jenis masakan ikan yang disajikan dengan kuah panas olahan kudapan khas Buton, Sulawesi Tenggara. Parende ini sangat pas di nikmati di waktu pagi, siang maupun malam baik di musim panas maupun musim dingin. Hampir semua wanita yang ada di Buton bisa memasak ikan Parende ini terkecuali yang belum tau masak :-D.

Jadi ikan parende ini hanya bisa di jumpai di Buton terutama di Baubau, Sulawesi Tenggara. Melihat sajiannya ikan parende lebih mirip sop ikan yang biasa ditemui di Daerah Lainnya. Ikan parende ini bisa dari jenis ikan apa saja sesuai selera kita.

Bahan pembuatan ikan parende yaitu ikan, jeruk nipis, tomat, belimbing, bawang merah, bawang putih (di iris), kunyit bubuk, daun serei, daun kemangi, garam,cabe rawit, serta bumbu penyedap lainnya.

Untuk cara pembuatannya : Masak air hingga mendidih, kemudian ikan dimasukkan, bersamaan pula dimasukkan dengan daun serei dan dan kemangi. Setelah ikan terlihat matang, baru masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah di iris kecil-kecil, tomat, garam, cabe rawit, belimbing,  serta bumbu penyedap lainnya. Untuk menambahkan kenikmatan bisa ditambahkan bawang goreng serta tiriskan keruk nipis setelah masakan sudah matang.

Itulah pembuatan makanan khas Buton yang sederhana tapi mengundang selera. Masih banyak masakan kuliner lainnya yang ada di Buton, nanti akan saya posting bila ada waktu luang lagi nih. Bagi yang penasaran dengan masakan Ikan Parende ini langsung datang aja ke Buton khusnya Kota Baubau.

Baik semoga apa yang  saya posting kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bagi anda yang ingin mencicipi masakan kuliner yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Buton.

Selamat tergiur dan selamat menikmati . . .

0 komentar:

Posting Komentar