MAKALAH
” STRUKTUR ORGANISASI ”
( ORGANISASI KOMPUTER )
Di Susun
oleh :
Dian
Paramita Putri 13 650 172
Dosen Pembimbing : Dafran, ST
FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS DAYANU IKHSANUDDIN
BAUBAU
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penyusun panjatkan
kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga
penyusun dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini sebagai tugas mata kuliah Struktur
Organisasi.
Saya telah menyusun makalah ini dengan
sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun tentunya sebagai manusia biasa
tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Harapan saya, semoga bisa menjadi
koreksi di masa mendatang agar lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tak lupa ucapan terimakasih saya
sampaikan kepada Dosen Pembimbing atas bimbingan, dorongan dan ilmu yang telah
diberikan kepada saya sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini
tepat pada waktunya dan insya Allah sesuai yang diharapkan. Dan kami ucapkan
terimakasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak yang terkait dalam
penyusunan makalah ini.
Untuk lebih jelas simak pembahasannya
dalam makalah ini.
Mudah-mudahan
makalah ini bisa memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita
semuanya. Amin.
Baubau,
15 April 2014
Dian
Paramita Putri
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
BAB II Tinjauan
Pustaka
BAB III
PEMBAHASAN
A. Komputer
1. Pengertian Komputer
2. Jenis-Jenis Komputer
3. Jenis
Komputer Berdasarkan Prosesor
4. Tabel
Pengolahan Komputer
B. Organisasi Komputer
C. Struktur dan Fungsi Oraganisasi
Komputer
BAB
IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Struktur organisasi adalah
keseluruhan dari tugas-tugas yang dikelompokkan ke dalam fungsi-fungsi yang ada
sehingga merupakan suatu kesatuah hamonis, yakni diarahkan dan dikembangkan
secara terus menerus pada suatu tujuan tertentu menuju kondisi optimal,
struktur suatu organisasi di gamarkan dalam bentuk suatu skema organisasi atau
organigram, yaitu suatu lukisan grafis yang menjelaskan berbgai hubungan
organisatoris, baik vetikal maupuh
horizontal, antarbagian maupun antarindividu. Dengan kata lain, oganigram
memberikan gambaran tentang struktur personalia, yakni penempatan
individu-individu pada posisi-posisi yang da dalam suatu organisasi. Hal ini
maksudkan untuk menentukan siapan-siapan yang memegang tampuk jpimpinan, apa
dan kepada sipa ugas, wewenang, tanggung jawab, serta posisi diberikan.
Perlu diperhatikan di sini, ahwa
penyuisunan stuktu organisasi perlu dilandasi ole hide dan imajinsi yang m
emungkinkan erkembangnya diri individu
yang akan menangani permasalahan organisasi, Tentunya dalam hal ini individu
akan dituntut untuk memiliki “kemampuan abstraksi” pada tinkat tertentu
sehingga mampu menghayati dan menyderhanakan kenyataan-kenyataan yang ada
(dalam dimensi ruan dalam waktu)
B.
Rumusan Maslah
Dalam makalah kali ini, penulis akan
mencoba mengulas mengenai Struktur Oganisasi dan macam-macam organisasi serta
struktur organisasi
BAB II
TIJAUAN PUSTAKA
Pengorganisasian (organizing) merupakan
proses penyusunan anggota dalam bentuk struktur organisasi untuk mencapai
tujuan organisasi dengan sumber daya yang dimiliki dan lingkungan yang
melingkupinya baik novice maupun ekstern. Dua aspek utama dalam organisasi
yaitu departementasi dan pembagian kerja yang merupakan dasar proses
pengorganisasian. James D. Mooney mengatakan “Organisasi yaitu bentuk setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersana, “ sedang Chester I. Bernard
memberikan pengertian organisasi yaitu suatu complement aktivitas kerjasama
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Organisasi merupakan proses untuk
merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas
diantara para anggota untuk mencapai tujuan. Jadi organisasi dapat didefinisikan sebagai berikut :
1.
Organisasi dalam arti badan yaitu
kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
2.
Organisasi dalam arti bagan yaitu
gambaran skematis tentang hubungan kerjasama dari orang-orang yang terlibat
dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Unsur-unsur dasar yang membentuk organisasi yaitu :
Unsur-unsur dasar yang membentuk organisasi yaitu :
a.
Adanya tujuan bersama
b.
Adanya kerjasama dua orang atau lebih
c.
Adanya pembagian tugas
d.
Adanya kehendak untuk bekerja sama
BAB III
PEMBAHASAN
- Komputer
1.
Pengertian
Komputer
Istilah
komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah
komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung
(to compute atau to reckon).
Menurut
Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan
beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi
yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan
menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang
komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu
peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan
informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat
menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu
input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan
menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik
(PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang
diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf,
simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat
bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data
ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu
informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan
pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta.
Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data
ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan
suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan
oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk
membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan
hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi
panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik
maupun elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam
setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki
kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya
adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang
belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi,
jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai
tempat di dunia.
Bagaimanapun
juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan
ke dalam 4 golongan besar.
1.
Peralatan
manual: yaitu
peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam
pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.
Peralatan
Mekanik: yaitu
peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara
manual
3.
Peralatan
Mekanik Elektronik: Peralatan
mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4.
Peralatan
Elektronik: Peralatan
yang bekerjanya secara elektronik penuh
5.
Tulisan
ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa,
terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer
berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
2.
Jenis-Jenis
Komputer
Beberapa tahun yang lalu penggolongan komputer berdasarkan
besarnya RAM yang ada pada tiap komputer, tapi pada saat sekarang penggolongan
jenis-jenis komputer lebih tepatnya berdasarkan jenis prosesor yang ada di tiap
komputer, karena kemampuan kerja komputer ditentukan oleh kemampuan prosesornya.
3.
Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Komputer dapat digolongkan dalam tiga bagian, yaitu :
1.
Mainframe
adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar karena
ditujukan untuk banyak pemakai.
2.
Minikomputer
sebenarnya adalah bentuk mini komputer mainframe, tapi komputer ini ditujukan
untuk perusahaan yang tidak begitu besar tapi tidak begitu kecil.
3.
Personal
Computer (PC) atau komputer pribadi adalah computer yang ditujukan untuk satu
pemakaian program aplikasi pada suatu saat, oleh karena itu perangkatnya dapat
diringkas dalam satu mesin saja.
4.
Tabel Penggolongan Komputer
DASAR PENGGOLONGAN
|
JENIS KOMPUTER
|
Generasi
|
I,
II, III, IV
|
Prosesor
|
Mainframe,
minicomputer, IBM Compatible atau PC Marcintosh
|
Bentuk
dan Ukuran fisik
|
Tower,
Desktop, Portable, Notebook, Handbook atau sub notebook, Palmtop atau
handheid
|
System
Operasi
|
Unix,
Netware, DOS, OS/2, Windows NT, System 7
|
B.
Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat
dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh.
Teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal
kontrol.
¨
Bagian yang terkait erat dengan unit–unit
operasional
¨
Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal
control
Arsitektur Komputer
adalah atribut–atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer
¨
Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan,
teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer.
Contoh. Set intruksi, aritmetika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur
sama, organisasi dapat berbeda
Arsitektur bertahan lama,
organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
-
Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
-
Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
-
Memberikan compatibilitas instruksi level mesin
-
Organisasi antar versi memiliki perbedaan
C.
Struktur dan Fungsi Organisasi
Komputer
Struktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling
berhubungan satu sama lain
Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai
bagian dari struktur
Semua Komputer Memiliki 4 Fungsi:
-
Pengolahan data – Data processing
-
Penyimpanan data – Data storage
-
Pemindahan data – Data movement
-
Kendali – Control
Struktur dan Unit Fungsional Dasar Komputer
Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur
tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat
untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input device adalah alat
yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal
input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa
data yang dimasukkan ke dalam system komputer, sedangkan maintenance input
berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan
demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk
memasukkan program. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping
sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang
demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan kesistem komputer
dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat
digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent
terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan
input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat
pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart
terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang
terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis
ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya.
Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang
hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input
langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses,
Sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat
berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen,
light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character
recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor
(misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan
alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media
punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk
pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam
data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses
lebih lanjut.
A. Keyboard
Merupakan alat input standart yang diperlukan dalam setiap
PC. Komponen ini tidak mengalami perkembangan yang pesat. Hanya dalam konektor
dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan. Dimulai dengan keyboard XT,
keyboard PS2, keyboard USB dan yang baru berkembang sekarang ini adalah
keyboard wireless.
B. Mouse
Mouse merupakan komponen input yang sanagt diperlukan jika
menggunakan sistem operasi grafis. Mouse lebih banyak eprkembangannya dari pada
keyboard. Muali dari mouse serial, mouse PS/2, mouse scroll, dan saat mouse
optic.
2.
Output
Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output
yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar),
suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,
sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses
selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:
a.
Hard-copy
device, yaitu
alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti
kertas atau film. Contoh hard-copy devicce
b.
Soft-copy
device, yaitu
alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang
berupa sinyal elektronik.
c.
Drive
device atau driver,
yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat
dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini
berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Sekarang
media penyimpan yang berkembang adalah disk rive, hard disk, CD-ROM/CD-RW.
3.
I/O
Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke
luar sistem. I/O Port juga biasa disebut dengan bagian interface (antar muka)
karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4.
CPU
(Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian
fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat
pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program,
yang ada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro).
Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia
dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya
ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400
(buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2),
Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350,
Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya.
Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
5.
Memori
a.
Random
Access Memory (RAM)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input
akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat
diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh
pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
·
Input
storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
·
Program
storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan
diakses.
·
Working
storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
·
Output
storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan
ditampilkan ke alat output.
Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung
terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan
dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data maka akan dipindahkan
ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di
working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut
dipindahkan ke output storage.
b.
Read
Only Memory (ROM)
Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram
tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya
berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan
oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan
karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol
tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama
kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini
disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Cold
booting merupakan proses mengaktifkan sistem computer pertama kali untuk
mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi
hidup (on). Sedangkan warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan
program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga
tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del. Proses ini
biasanya dilakukan bila sistem computer macet, daripada harus mematikan aliran
listrik komputer dan menghidupkannya kembali. Instruksi-instruksi yang
tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware
dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini tidak
boleh hilang atau rusak karena bila terjadi demikian, maka system komputer
tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya maka pabrik
pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bisa dibaca, tidak
dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat non volatile
supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM,
yaitu dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi yang ada didalamnya.
ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan pada rumahnya yang mempunyai
jendela di atasnya. ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable
Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak
dapat diubah kembali. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram
kembali berulang-ulang. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat
diprogram kembali.
6.
Data
Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem
komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat
membawah 1 bit data, maka jumlah saluran menetukan jumlah bit yang dapat
ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menetukan kinerja sistem secara
keseluruhan. Sifatnya bldirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima
data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64
paralel.
7.
Address
Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada
proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang
akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32
jalur paralel.
8.
Control
Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta
akses ke Data Bus dan Address Bus. terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Stuktur Organisasi pada dasarnya merupakan desain organisasi dimana manajer melakukan
alokasi sumber daya organisasi, terutama yang terkait dengan pembagian kerja
dan sumber daya yang dimiliki organisasi, serta bagaimana keseluruhan kerja
tersebut dapat dikordinasikan dan dikomunikasikan
Adapun faktor-faktor yang memengaruhi
Struktur Organisasi
•
Strategi
Organisasi
•
Skala
Organisasi
•
Teknologi
•
Lingkungan
B. Saran
Setelah membaca makalah ini, diharapkan
psara pembaca dapat memahami dan mengerti akan isi dan maksud dari judul
tersebut diatas. Para pembaca bisa mendapatkkan pelajaran serta dapat
menambah wawasan mengenai “Struktur Organisasi”
DAFTAR PUSTAKA
Atmosudirdjo, Prayudi. (1999).Desain Serta Struktur Organisasi. Jakarta: STIA, LAN Press.
http : // id. Wikipedia. Org/
wiki/ Model organisasi social (diakses pada tanggal 27 februari 2010) oleh
Heriyanto
Materi Arsitektur Komputer terlengkap, dapat dijumpai disini http://mycomputerarchitecture.blogspot.co.id/
BalasHapusTerima Kasih Infonya gan Sangat Bermanfaat… Bagi yang mau belajar pemrograman ini alamat link buat belajar pemrograman
BalasHapushttps://combro.xyz https://combro.xyz/category/algoritma-pemrograman/ https://combro.xyz/organisasi-komputer/ https://combro.xyz/sistem-operasi/ https://combro.xyz/komunikasi-data/ https://combro.xyz/olahraga/ https://combro.xyz/konsep-multimedia/ https://combro.xyz/pemrograman-berorientasi-objek/ https://combro.xyz/perancangan-web/ https://combro.xyz/jaringan-komputer/ Banyak Informasi seputar Pelajar, Mahasiswa, pemrograman dan perkuliahan